Pengalaman CPNS Kemdikbud 2020 Formasi Perpustakaan Sesi 1

Pengalaman CPNS Kemdikbud 2020 Formasi Perpustakaan Sesi 1

Pengalaman CPNS Kemdikbud Formasi Perpustakaan- Sebelumnya Kami ucapkan kepada pembaca Ruang Perpustakaan yang lolos CPNS, dan yang belum berhasil agar terus semangat. Pada postingan ini saya akan berbagi pengalaman ikut CPNS Kemdikbud Formasi Pengelola Bahan Perpustakaan (D3) penempatan UPT Kemdikbud. 


Sebelumnya tahun 2018 saya pernah ikut tes CPNS mengambil formasi Arsip di Dinas Kehutanan (dibutuhkan 1 orang) dan ini merupakan tes saya yang pertama kali, untuk tes pertama yaitu tes SKD tidak lulus passing grade, namun pada tes CPNS tahun 2018 dilakukan sistem perengkingan jika dalam formasi tersebut tidak ada atau kurang yang lulus passing grade untuk syarat tes SKB dan akhirnya saya masuk peringkat 1 (karena tidak ada yang lolos passing grade , namun untuk tes ke 2 saya menjadi peringat 2, kalau di total nilai yang didapatkan beda tipis akhirnya saya tidak lolos. Sebagai catatan passing grade untuk CPNS tahun 2018 yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143. Tahun 2018 rata-rata peserta tidak lolos passing grade karena kurang nilai TKP.


Kembali ke pengalaman CPNS tahun 2019, saya memilih formasi yang berbeda sebelumnya yaitu formasi Perpustakaan. Perlu Kamu ketahui passing grade untuk CPNS tahun 2019 berkurang dari tahun 2018 yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) belajar dari pengalaman tahun 2018 dikurangi menjadi 126.


Tahun 2019 CPNS formasi Perpustakaan dan arsip banyak dibuka, mulai dari Kementerian hingga pemerintah kabupaten. Kebetulan Kemdikbud membuka formasi Pengelola Bahan Perpustakaan untuk D3 di UPT Kemdikbud di daerah saya, sebenarnya saya ragu karena ada banyak pilihan formasi untuk perpustakaan dan arsip (saya bisa masuk ke arsipan karena di ijazah tertulis Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi, mata kuliah Kami ada belajar arsip).


1. Seleksi Administrasi

Akhirnya dengan keputusan yang bulat saya memilih UPT Kemdikbud. Langkah pertama yaitu saya melengkapi beberapa persyaratan yang akan diunggah di situs sscn. Selain persyaratan CPNS pada umumnya (Ijazah, transkip nilai, KTP, Foto dll) untuk Kemdikbud sendiri punya syarat khusus yaitu lamaran ditulis tangan pakai materai dan adanya surat pernyataan. Semua persyaratan kemudian di scan dan diunggah di situs sscn. 


Bagi rekan-rekan yang ingin mendaftar CPNS, dalam langkah pertama ada beberapa tips yang bisa saya berikan yaitu :


  • Baca pengumuman persyaratan yang diminta oleh Instansi yang Anda lamar, kalau perlu Kamu buat list syarat yang diminta agar memudahkan Kamu untuk menandai syarat yang belum ada atau sudah ada.
  • Pastikan semua berkas yang diminta sudah disiapkan dengan baik (Apakah diunggah saja atau perlu di kirim, Anda harus perhatikan ukuran dan format  file  yang diunggah)
  • Jangan sampai salah unggah karena dalam jika syarat administrasi saja Kamu tidak lengkap atau salah maka Kamu akan gugur atau dalam istilah cpns yaitu TMS 
  • Setelah selesai Kamu unggah, cek kembali syarat satu persatu sebelum Kamu klik selesai. Jangan terburu-buru.

Baca juga : Daftar Istilah Dalam Seleksi CPNS 


Saya unggah ke SSCN 3 hari menjelang penutupan pendaftaran yaitu tanggal 1 bulan Desember 2019, dan untuk hasilnya keluar pada tanggal 12 Desember 2019 jam 12 siang. Alhamdulillah saya dinyatakan MS (Memenuhi Syarat). Oh iya, jika hasil sudah keluar dan Kamu dinyatakan belum lulus, Kamu bisa melakukan sanggahan dari hasil tersebut. Perlu Kamu ketahui, masa sanggah ini jika ada kekeliruan yang dilakukan oleh tim pemeriksa di instansi tersebut bukan menyanggah atas kesalahan Kamu ya. Jika Kamu salah upload foto, artinya kesalahan Kamu bukan kesalahan dari tim pemeriksa 

Masa sanggah untuk peserta diberikan waktu 3 hari sejak pengumuman hasil administrasi. Dan tim pemeriksa akan memeriksa sanggahan Kamu dalam kurun waktu 1 minggu. Jika memang ada kekeliruan maka sanggahan Kamu akan diterima, jika tidak maka status Kamu akan tetap TMS. 

Hasil sanggahan akan diumumkan di masing-masing instansi Kamu lamar. Selanjutnya diumumkan Jadwal tes pertama yaitu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). 

Selanjutnya 

Load comments