Pengalaman Tes CPNS Kemdikbud Formasi Perpustakaan Wawancara dan Tes SKB Part 3

Pengalaman Tes CPNS Kemdikbud Formasi Perpustakaan Wawancara dan Tes SKB Part 3- Sebelumnya saya sudah bahas pengalaman saya mengikut tes SKD CPNS Kemdikbud. Pengumuman hasil SKD pun tidak sesuai dengan rencana penjadwalan yaitu minggu ke 4 Februari, dan diumumkan tanggal 23 Maret 2020. Hasil SKD diumumkan di website resmi CPNS Kemdikbud, hasilnya saya mendapatkan peringkat 2. Kompetitor saya peringkat 1 dengan nilai 369 selisih 24 poin dan 3 orang yang lolos untuk SKB.

Baca juga : Daftar Pertanyaan Wawancara PPPK Formasi Arsiparis Kemendikbud 2023

Oh iya, Covid-19 pada bulan Maret sudah masuk Indonesia. Sudah banyak korban dan dampaknya terasa disemua sektor, termasuk agenda CPNS ini. Rencana penjadwalan untuk tes SKB yaitu bulan ke 4 maret namun pengumuman SKD baru dilakukan 23 Maret. Hasil SKD dan SKB diumumkan seharusnya minggu ke empat Maret dan pengumuman hasil serta pemberkasan tanggal 1/2 April.


Daftar Aplikasi Open Source Untuk Mempermudah Manajemen Perpustakaan

 

Akhirnya setelah menunggu beberapa bulan, jadwal SKB pun keluar tanggal 11 September 2020. 

Untuk Kemendikbud ada 2 bentuk tes SKB yaitu : 

1. Wawancara dan Microteaching (bagi Tendik hanya wawancara saja, sedangkan dosen ada tambahan Microteaching) 

2. Tes CAT. Saya bahas di artikel selanjutnya pengalaman Tes CAT SKB Kemendikbud 2019.

Ke 2 bentuk tes tersebut ada masing-masing bobot nilainya, untuk wawancara nilai bobotnya adalah 15%, sedangkan untuk tes CAT SKB nya 85% dan dibagi lagi dengan 4 bagian soal.

Gambar di bawah ini untuk Formasi Tenaga Kependidikan Non Dosen Ya !!, Kalau Dosen ada tambahan Microteaching.

Jenis dan Passing Grade Tes CPNS Kemdikbud

Kalau dilihat dari pengumuman hasil SKD tes cpns kemendikbud pada tahun 2021 ini sudah disebutkan subtes untuk tes SKB yaitu sebagai berikut : 

  • Literasi Bidang Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bagi pelamar kebutuhan tenaga kependidikan (non dosen) yaitu mengukur pengetahuan dasar dan wawasan pelamar terkait substansi pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi atau Etika dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bagi pelamar kebutuhan tenaga pendidik (dosen) yaitu mengukur pengetahuan dasar dan wawasan pelamar terkait substansi etika dan tri dharma perguruan tinggi.

  • Literasi Bahasa Inggris, mengukur kompetensi dasar penguasaan bahasa inggris meliputi kemampuan pemahaman bacaan singkat dan pemecahan masalah.

  • Penalaran dan Pemecahan Masalah, mengukur kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah dengan cara mencari alternatif solusi yang tepat.

  • Dimensi Psikologi, mengukur tipe kepribadian, yaitu karakteristik kepribadian peserta, yang dapat mendukung kinerjanya secara optimal.

  • Wawancara, dilakukan untuk menggali kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir (analytical thinking); bagaimana peserta mampu menyampaikan secara verbal suatu gagasan dengan sistematis, fleksibel, dan terbuka terhadap informasi baru.

  • Unjuk kerja untuk tenaga kependidikan (non dosen) pada jabatan tertentu atau micro teaching untuk tenaga pendidik (dosen), dilakukan untuk menggali kompetensi teknis maupun terapan yang sesuai dengan latar belakang keilmuan serta implementasinya di tempat tugasnya.


Pertama saya akan membahas Tes Wawancara CPNS Kemendikbud

Di dalam surat yang diumumkan bahwasannya Wawancara dilakukan secara Daring (online) via zoom yang dilakukan dirumah masing-masing bagi formasi yang melamar di satker kemendikbud (Seperti LPMP, BPPAUD) karena Tes wawancara saya langsung dilakukan oleh orang pusat kementerian.

Nah jika pelamar Kemendikbud untuk di perguruan tinggi. Kemarin saya lihat setiap kampus memfasilitas wawancara dan microteaching. Karena wawancara dilakukan penilaian oleh pihak kampus, seperti rektor dan wakil rektor dan microteaching juga dilakukan penilaian oleh pihak kampus, berbeda dengan saya yang melamar di satker jadi wawancara langsung sama orang pustat kemendikbud.

1. Tes Wawancara CPNS Kemdikbud

Saya dapat jadwal wawancara tanggal 23 September 2020, wawancara dilakukan dirumah karena saya tidak difasilitasi untuk wawancara di kampus seperti kemdikbud Dikti . Link zoom dan password setiap peserta berbeda dan saya dikirim melalui whatsapp dan email oleh panitia dari kemdikbud (Jadi pastikan email Kamu dan Nomor Whatsapp aktif ya). 

Untuk tips menghadapi wawancara cpns kemdikbud yaitu :

  • Karena online, jadi saya mempersiapkan laptop dengan audio dan pencahayaan yang baik.  
  • Jaringan internet yang bagus, jika ada wifi lebih bagus, jika menggunakan hotspot HP, pastikan Kamu tidak dihubungi ketika wawancara, karena jika ada panggilan telpon ke nomor kamu, pasti jaringan akan terputus.
  • Cobalah melakukan simulasi Tes wawancara dengan sahabat Anda. Saya coba melakukan simulasi melalui zoom dengan teman untuk tes jaringan dan suara. Sering-sering berlatih dan coba menjawab dengan baik dari pertanyaan yang diajukan.
  • Jangan gugup.
  • Dengarkan pertanyaan dari pewawancara, lebih baik tidak meminta pewawancara mengulang kembali pertanyaan yang dibacakan.
  • Berikan jawaban langsung ke inti dari pertanyaan.

Pertanyaan dan Soal Wawancara Tes CPNS Kemdikbud

Beberapa pertanyaan wawancara cpns Kemdikbud yang ditanyakan kepada saya yaitu:

  • Pertama kali saya di suruh memperkenalkan diri
  • Apa pendapat Anda mengenai Radikalisme dan separatisme
  • Mengapa Anda memilih Kemdikbud dan Alasan menjadi PNS
  • Pengalaman kerja sebelumnya
  • Bagaimana peran Anda sebagai Pustakawan ditengah-tengah masyarakat
  • Apa kelebihan dan kekurangan diri Anda

ini dokumentasi saya ketika saya tes wawancara dirumah.

Durasi wawancara saya perkirakan yaitu kurang lebih 30 menit. Hampir semua pertanyaan di atas ditanyakan pewawancara, karena selesai wawancara saya tanyakan ke rekan yang sama tes. 

Berikut Tips Jawaban untuk Wawancara Tes CPNS Kemdikbud:

 1. Bagian perkenalan diri : Untuk pertanyaan bagian memperkenalkan diri, Kamu jawab dengan simpel dimulai dari
- Nama
- Usia
- Alumni (Tamatan Prodi dan Kampus mana)
- Pengalaman Organisasi
- Pengalaman Pekerjaan

Tambahan Bisa sebutkan kekurangan dan kelebihan, kalau saya saat menyampaikan kekurangan juga disampaikan cara menututpi kekurangan tersebut.

2. Bagian pertanyaan Radikalisme dan separatisme. Jawab dengan tepat, apa itu radikalisme dan dampaknya jika itu terjadi di Indonesia, dan sebutkan cara penanggulangganya. Kalau saya katakan, Indonesisa sudah ada landasan Pancasila, segala bentuk pemahaman baru tidak akan ada tempat di Indonesia karena bertolak belakang dengan UUD 1945.

3. Bagian pertanyaan : Mengapa Anda memilih Kemdikbud dan Alasan menjadi PNS. Di sini sampaikan mengapa Anda memilih formasi di kemendikbud. Kalau saya mengatakan, karena Kemendikbud berperan penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, dan saya ingin menjadi bagian dan mengabdi untuk Kemendikbud sesuai jabatan saya (Sebutkan Jabatan Kamu, dan apa saja yang bisa Kamu lakukan dengan Jabatan Kamu). 

Untuk pertanyaan mengapa ingin menjadi PNS, silahkan cari sendiri ya, karena pewawacara ingin melihat sejauh mana keliahian kamu menjawab pertanyaan umum namun butuh jawaban yang tepat.

4. Bagian pertanyaan : Bagaimana peran Anda sebagai Pustakawan ditengah-tengah masyarakat. Nah ini pertanyaan sudah masuk bagian jabatan, jika jabatan kamu misalnya statistik atau yang lain, bisa saja pertanyaannya seperti itu. 

5. Bagian Pertanyaan Apa kelebihan dan kekurangan diri Anda Kalau saya juga sebutkan kelebihan dan kekurangan saya. (Tapi jika Kamu menyebutkan kekurangan sebutkan juga cara Kamu menutupi kekurangan tersebut.) Contoh saya menyebutkan kekurangan saya yaitu suka lupa, namun saya mensiasatinya dengan selalu mencatat hal2 penting di kertas dan notifikasi di hp saya.

*Ini merupakan pengalaman saya pada saat ikut CPNS Kemendikbud tahun 2019. Mungkin saja berbeda untuk tes cpns tahun ini. Namun ini bisa menjadi pelajaran atau referensi bagi Kamu semua.*

Untuk artikel selanjutnya akan saya bahas Apa saja pertanyaan dan soal-soal Tes SKB Kemendikbud silahkan baca Pengalaman Tes SKB Kemendikbud 2019.