Cara Mengganti Template Eprints

Cara Mengganti Template Eprints- EPrints merupakan salah satu aplikasi open source untuk mengelola karya ilmiah dalam repository perguruan tinggi. EPrints menggunakan bahasa pemgoraman Perl dan dikembangkan oleh Universitas Southampton. Beberapa perguruan tinggi yang menggunakan EPrints yaitu:

Untuk tampilan default eprints seperti ini :

Tampilan default eprints

Untuk mengganti template EPrints, silahkan login. Kemudian klik admin, lalu klik system tools, pilih eprints bazar

Pilih EPrints Bazaar

EPrints bazaar adalah kumpulan plugin yang bisa diintal sesuai kebutuhan untuk EPrints. Di sini akan tersedia template yang akan kita instal.


Berikut tampilan EPrints Bazaar,  klik Available (melihat apa saja yang teredia di EPrints Bazaar), silahakan ketik di kolom pencarian APW Theme, akan muncul 2 buah tema (saya juga tidak tahu mengapa ada 2 pilihan yang tersedia, namun saya juga pernah mencoba keduanya dan berhasil), klik instal pada APW theme nomor 1.
Template yang akan kita pasang

Jika berhasil terinstal akan muncul tampilan sperti di bawah ini.
Instal berhasil

Setelah terinstal silahkan refresh halaman repository, jika tampilan masih belum berubah maka ada yang harus ditambah pada configurasi
1. Klik, admin kemudian Config Tools
2. Klik View Configuration
Config Tools

Ada tampilan folder, kemudian klik folder cfg.d, akan ada file dalam folder, klik file branding.pl
klik branding.pl

Silahkan Klik edit config file untuk menambahkan baris kode, silahkan hapus baris #$c->{theme} = "green"; atau langsung tambahkan baris kode  di bawahnya $c->{theme} ='apw_themes'; . Selanjutnya klik simpan. Perhatikan tanda petik yang di gambar ya.

Jika berhasil halaman akan otomatis refresh dan templat sudah berubah seperti di bawah ini.
Template APW Theme

Template ini merupakan karya dari mas Agung Prasetyo. Template ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perguruan tinggi dan Anda bisa memodifikasi template tersebut namun tetap mencantumkan kredit penulis kode pertama.

Atau Kamu bisa juga melihat template eprints dari Repository Kemdikbud.

Demikian lah panduan Cara Mengganti Template EPrints, untuk versi video akan segera penulis unggah, silahkan tinggalkan komentar.