Cara Melakukan Layanan Sirkulasi di SLiMS

Cara Melakukan Layanan Sirkulasi di SLiMS-Sahabat Ruang Perpustakaan, dalam artikel ini kami akan menjelaskan panduan dasar slims, cara melakukan layanan sirkulasi di slims. Di tutorial ini Kami menggunakan slims versi 9. Namun langkah layanan sirkulasi ini bisa juga dilakukan melalui slims 5 meranti, slims 7 cendana, dan slims 8 akasia, hanya berbeda tampilan saja.

Namun kami sarankan membaca artikel kami sebelumnya mengenai panduan dasar slims yaitu cara menginput buku ke dalam aplikasi slims dan cara menginput anggota perpustakaan melalui slims, karena panduan dasar ini saling berkaitan.

Berikut Panduan Dasar SLiMS : Cara Melakukan Layanan Sirkulasi

Penjelasan Menu Sirkulasi

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu submenu dari menu sirkulasi. Buka aplikasi slims, lalu buka menu sirkulasi.  Ada 6 Submenu dari menu layanan sirkulasi.
  1. Mulai Transaksi. Ini fitur untuk melakukan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.
  2. Pengembalian Kilat, submenu ini untuk melakukan pengembalian secara cepat, cukup pindai barcode buku, maka otomatis buku akan dikembalikan, dan jika ada denda akan ada tampil pemberitahuan.
  3. Aturan Peminjaman : untuk membuat aturan peminjaman.
  4. Sejarah Peminjaman : submenu melihat sejarah peminjaman
  5. Daftar Keterlambatan : submenu melihat sejarah peminjaman
  6. Reservasi : submenu melihat reservasi

Mengatur Aturan Peminjaman Berdasarkan Tipe Koleksi

Sebelum Anda melakukan koleksi,  jika perpustakaan Anda ingin membuat aturan peminjaman berdasarkan tipe koleksi, silahkan atur dulu pada submenu aturan peminjaman diartikel saya berikut ini.. Aturan peminjaman ini akan mengatur bagaimana aturan pinjam masing-masing koleksi, jadi setiap koleksi berbeda-beda atura peminjamannya.

Jika tidak diatur peminjaman berdasarkan tipe koleksi, maka aturan peminjaman mengikuti aturan dari tipe keanggotaan.

Melakukan Layanan Peminjaman

Klik sub menu sirkulasi. Masukkan nomor anggota perpustakaan, jika perpustakaan Bapak/Ibu sudah mempunyai barcode scanner, qr scanner maka cukup meminta pemustaka untuk arahkan barcode kepada mesin pindai, sistem akan otomatis membaca kartu tersebut.

pindai barcode kartu anggota/masukkan id anggota perpustakaan

Kemudian akan muncul informasi keanggotaan pemustaka tersebut.
  1.  nama anggota;
  2. surel anggota;
  3. tanggal mendaftar;
  4. ID anggota;
  5. tipe keanggotaan;
  6. tanggal kedaluwarsa keanggotaan; dan
  7. foto anggota
Di bawahnya terdapat tabulasi:
  1. Peminjaman. untuk melakukan transaksi peminjaman;
  2. Pinjaman saat ini​. daftar peminjaman terkini;
  3. Reservasi​. untuk kebutuhan pemesanan eksemplar yang statusnya sedang dipinjam;
  4. denda. menghimpun informasi tentang denda peminjaman (jika ada). Debet dan kredit denda dicatat pada tabulasi ini; dan
  5. Sejarah peminjaman yang dilakukan oleh anggota.
menu dan informasi pada layanan sirkulasi

Klik peminjaman, lalu masukkan nomor eksemplar buku yang ingin dipinjam. Atau Arahkan barcode buku, jika sudah mencetak label dan barcode buku yang diinput ke mesin pindai. Apliksi otomatis membaca kode eksemplar tersebut. Di sini saya memberikan contoh melakukan peminjaman koleksi skripsi. Sistem akan menampilkan informasi tanggal pinjam dan tanggal kembali buku tersebut. 

informasi buku yang akan dipinjam dan tanggal kembali

Setelah selesai melakukan proses peminjaman / pengembalian jangan lupa klik pada tombol "​Finish Transaction"​. Tanpa menekan tombol ini, maka semua proses transaksi tidak akan tercatat ke dalam sistem serta tidak bisa dilakukan transaksi peminjaman untuk pemustaka berikutnya.

Mencetak Bukti Transaksi

Anda bisa mencetak transkasi sirkulasi peminjaman /pengembalian dengan mengaktifkannya di menu sistem, pilih pengaturan sistem, aktifkan cetak bukti transaksi. 

mengatur cetak bukti transaksi di slims

Printer yang digunakan dalam mencetak bukti transaksi adalah jenis printer thermal seperti printer yang digunakan di minimarket, dengan menggunakan Kertas Thermal. 

Apakah bisa mencetak bukti transaksi sirkulasi menggunakan printer inject epson?
Bisa saja, tapi kita harus memotong kertas seukuran kertas thermal.

Jika Kamu tidak ingin mencetak bukti transaksi sirkulasi, Kamu bisa menggunakan Plugin Telegram Bot, karena melalui telegram bot bisa mengirimkan bukti transaksi ke dalam akun telegram anggota perpustakaan, lebih lengkapnya bisa lihat Cara Menggunakan Plugin Telegram Bot SLiMS.

Melakukan Pengembalian Buku

Untuk melakukan pengembaliaan bahan pustaka, masukkan nomor id anggota/ pindai kartu anggota lalu akan tampil informasi peminjaman. 

Jika ingin perpanjang klik perpanjang, kemudian kalau ingin mengembalikan, klik kembali.
panduan melakukan pengembalian bahan pustaka

Jangan lupa klik akhir transkasi agar tercatat pada sistem.


Kami juga sudah merangkum dalam bentuk video Cara melakukan layanan sirkulasi di SLiMS dan membuat aturan peminjaman.