Cara Menggunakan Plugin Telegram Bot SLiMS

Cara Instal dan menggunakan Plugin Telegram Bot SLiMS. Plugin yang kita bahas kali ini dari mas Heru Subekti. Plugin yang dibuat mas heru subekti ini memanfaatkan fitur API yang ada di telegram.

Plugin Telegram Bot untuk slims 9 ini menyedikan beberapa fitur, antara lain :

1. Aktivasi Akun Telegram Pengguna dengan ID Anggota.
2. Melihat Profil Keanggotaan
3. Melihat History Peminjaman
4. Melihat History Denda
5. Melakukan perpanjangan mandiri.
6. Mengirim Bukti Transaksi Sirkulasi
7. Mengirim Pesan Kepada pengguna
8. Melakukan Interaksi dengan pengguna melalui bot response

Silahkan unduh berkas masternya melalui github mas Heru. Syarat minimum dan Panduan pemasangan telegram bot juga sudah tersedia. Dan juga download aplikasi telegram dekstop atau di smartphone Kamu.

Dalam video ini saya menggunakan slims 9 yang sudah online dengan versi 9 4 1. 

Berikut cara pasang dan penggunaan plugin telegram bot slims :

1. Unggah file master telegram ke dalam folder plugin.  Kemudian buka menu sistem, submenu plugin dan aktifkan plugin telegram_bot.

Jika sudah aktif, otomatis akan muncl submenu tambahan di menu sistem, yaitu telegram bot setting dan bot auto respons.

2. Buka aplikasi telegram.

3. Membuat bot, telegram menyediakan fitur botfather, silahkan cari di kolom pencarian. Kemudian klik start, klik /newbot, masukkan nama bot yang akan kamu gunakan. Kemudian, ketikkan lagi nama bot dan ditambah nama akhir "_bot" hingga menjadi perpustakaancontoh_bot.

3. Copy nomor token untuk mengakses API telegram ke dalam slims. Buka menu sistem, klik telegram bot setting, paste nomor token ke dalam ruas token, kemudian simpan. Jika sudah terlihat nama bot yang dibuat tadi, kemudian klik sambungkan.

4. Buka kembali telegram dan cari nama bot yang dibuat tadi, klik start. Menu yang muncul hanya 3 buah, yaitu OPAC, Aktivasi dan Bantuan. Untuk mengaktifkan fitur aktivasi, perpanjangan mandiri dan  tanda terima transaksi maka Kamu harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

5. Silahkan coba menggunakan akun telegram lain, kemudian cari bot yang Kamu buat, klik start. Masukkan ID anggota dan password untuk melakukan aktivasi. Jika berhasil maka akan tampil menu keanggotaan, peminjaman, perpanjangan, denda.

Setiap akun yang sudah teraktivasi, datanya akan terekam dan tersimpan di slims melalui menu keanggotaan submenu telegram akun. 1 Akun telegram hanya untuk 1 Akun anggota perpustakaan. 

Silahkan lihat video Kami di bawah ini 


Catatan :
-Plugins ini tidak ada jaminan apapun, termasuk kerugian yang diakibatkan.
-Plugins ini bersifat gratis, dapat disebarluaskan secara bebas atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan tanpa syarat apapun. 
- Dukungan pengembangan dengan donasi ke mas Heru :
Bank BRI an. HERU SUBEKTI norek. 6553-01-019162-53-5

Download aplikasi Library Quiz, ukur kemampuan Kamu dibidang perpustakaan.

Libary Quiz 8 mb