Cara Input Buku di SLIMS 9 Bulian

 Cara Input Buku di SLIMS 9 Bulian- Setelah Bapak/Ibu mengikuti langkah sebelumnya yaitu mengganti Logo dan Icon slims, atau Mengganti Peta Informasi Lokasi Perpustakaan di slims 9 berikut panduan selanjutnya Cara Input Bibilografi Buku di SLIMS 9 Bulian
 
Sebelum memulai, silahkan Bapak/ibu sediakan 1 buah buku yang akan di input, cover buku dalam format JPG atau PNG, serta siapkan berkas PDF.

Cara Menginput Data Buku ke dalam slims. 


Versi slims yang saya pakai yaitu 9.4.1. 

Untuk menginput slims, silahkan klik menu bibliografi.
Untuk menambahkan judul baru, silahkan klik, tambah bibliografi baru.
Isi kolom metada dari buku yang ingin diinput. 

  1. Kolom judul buku.Di sini contoh judul  buku saya yaitu Sirah 60 Sahabat Nabi Muhammad.
  2. Ruas Pengarang. Klik tambah pengarang, untuk memasukkan nama pengarang
  3. Ruas pernyataan tanggung jawab, silahkan masukkan nama pengarang.
  4. Ruas Edisi, saya memasukkan data cetakkan dan tahun dari cetakkan tersebut. 
  5. Untuk kolom info detil spesifik, Berisi informasi khusus bibliografi, misalnya: skala pada peta. Tidak digunakan pada pengolahan buku, jadi biarkan saja kosong.
  6. Untuk Kolom Pembuat nomor eksemplar,Bagian ini diisikan dengan pola atau ​pattern. Pola berisi pola kode eksemplar yang diinginkan, misalnya P 00000 S, atau bisa diganti menjadi P21 strip., artinya P = pembelian dan 21 itu kode tahun 2021. Dan total item, dimasukkan jumlah eksemplar dari buku tersebut, contohnya ada 3 buah buku.

    Kemudian klik pilihan untuk menampilkan detil informasi tambahan dari buku ini. Ada lokasi rak, lokasi perpustakaan (ini berlaku jika perpustakaan perguruan tinggi). Untuk menambahkan lokasi,  Bapak/Ibu bisa menambahkannya di menu Daftar Terkendali, pilih submenu lokasi. Silahkan tambahkan jika ingin menambahkan lokasi.

    Kemudian tipe koleksi, tipe koleksi yang standarnya tersedia di perpustakaan yaitu fiksi, referensi dan buku teks. Jika ingin menambahkan jenis tipe koleksi, bapak/ibu bisa klik kanan menu Daftar terkendali, dan pilih submenu tipe koleksi. Di sini saya menambahkan tipe koleksi Buku Paket (Biasanya ini diperlukan untuk perpustakaan sekolah).
    Berikutnya, Jika perlu bapak/ibu Tambahkan informasi mengenai sumber perolehan dan harga buku.

  7. Untuk kolom General Material Designasion dalam kurung ge em de. Ruas ini berisi data-data bentukan bahan perpustakaan yang diolah, silahkan pilih saja teks.
  8. Untuk kolom tipe isi, tipe media, dan tipe pembawa ini merupakan tambahan dari Fil Risours Deskripsi Akses atau er de a. .Apabila perpustakaan Anda belum menggunakan er de a sebagai rincian pengisian bahan perpustakaan, ruas-ruas tersebut dapat dilewatkan.
  9. Ruas kala terbit lewatkan saja, karena ini hanya berlaku untuk terbitan berkala seperti majalah, jurnal.
  10. Masukkan nomor ISBN. Biasanya untuk buku baru ISBN ada 2, isbn cetak dan isbn digital. Silahkan masukkan nomor ISBN untuk cetaknya.
  11. Masukkan informasi impresum penerbit yaitu nama penerbit, tahun terbit, dan tempat terbit.
    Tahun terbit buku ini adalah tahun 2017, jangan gunakan tahun 2018, karena itu tahun cetakkan ke 2. Tahun terbit merupakan tahun Hak Cipta dari buku tersebut / tahun pertama kali buku itu terbit.
    Namun jika buku tersebut ada revisi, maka di tuliskan tahun revisinya.

  12. Deskripsi fisik ini maksudnya adalah deskripsi dari buku tersebut, misalnya jumlah halamannya. tinggi dan lebar buku.

  13. Judul seri bisa di isi jika buku tersebut mempunyai berbagai seri. 

  14. Ruas klasifikasi, menentukan nomor klasifikasi bisa dilihat melalui aplikasi E DDC atau sekarang disebut eKlass karya dari mas rotmianto mohammad.
    Jika sudah memasukkan nomor klasifikasi, maka otomatis akan muncul di ruas nomor panggil. Ditempel pada punggung buku, merupakan perwakilan subjek ketika diletakkan pada rak;. Tidak ada aturan yang baku mengenai nomor panggil, yang penting konsisten dalam menuliskannya.  Di sini saya membuat 3 huruf besar merupakan 3 huruf pertama penulis, dan 1 huruf kecil itu merupakan huruf pertama judul buku.

  15. Ruas subjek, klik tambah subjek. Isi subjek bapak/ibu bisa mengisi sesuai dengan tajuk sabjek. Bapak ibu bisa menambahkan beberapa subjek.

  16. Ruas bahasa sesuai bahasa yang digunakan dalam buku yang di data. Untuk ruas abstrak, jika terlalu lama untuk mengetik, bapak/ibu bisa mencari di internet judul buku yang di data dan kita salin abstrak buku yang sama. Contoh saya ambil abstrak dari  gramedia.

  17. Ruas gambar sampul, bapak/ibu bisa mengunggah gambar atau foto sampul dengan format JPG atau PNG. dengan ukuran maksimal nya 500 kb. Atau alternatifnya bapak/ibu bisa menyalin kode url dari gambar tersebut, contoh saya menyalin sumber gambar dari gramedia. Paste di kolom URL dan klik unduh.
  18. Berkas yang diunggah bisa lebih dari satu berkas. Berkas-berkas tersebut dapat diatur dengan akses publik (dapat dilihat oleh siapapun yang mengakses opak) atau tertutup (diatur berdasarkan tipe keanggotaan).
    Berikut ketentuan pembatasan akses:

    Pertama Pembatasan akses berkas pada SLiMS berbasiskan tipe keanggotaan.
    Jadi pembatasan akses ini terintegrasi dengan jenis keanggotaan. Tidak bisa pembatasan akses berdasarkan perorangan;

    Kedua . Ada dua jenis akses dalam akses ke file: "Public" dan "Private" . Jika dipilih akses "Private" maka file sama sekali tidak bisa diakses oleh siapa pun;. Sedangkan Jika dipilih akses "Public" dan tidak dicek tipe keanggotaan mana saja yang bisa mengakses, maka berkas bisa diunduh oleh semua orang;

    Dan Jika dipilih akses "Public" dan dicek tipe keanggotaan mana saja yang bisa mengakses, maka berkas bisa diunduh hanya oleh anggota yang telah melakukan login dan terdaftar dalam tipe keanggotaan tersebut.

    Untuk videonya cara pembatasan akses ini silahkan di youtube saya ini.

  19. Selanjutnya pada ruas data biblio terkait, Pada ruas ini, pustakawan dapat menambahkan suatu judul buku yang terkait (biasanya berdasarkan subjek yang sama) untuk ditambahkan informasinya pada koleksi yang sedang diolah. Untuk menambahkan koleksi yang terkait, klik pada tombol "Tambah relasi";.

  20. Kemudian, bapak/ibu bisa memilih apakah buku ini tidak dapat diakses melalui OPAC, atau bisa diakses. terakhir Bapak bisa informasi  khusus mengenai bibliografi buku ini, apakkah buku baru, atau terkait multimedia atau termasuk buku faforit. Kategori Label ini bisa juga ditambahkan melalui menu daftar terkendali.
Jika sudah selesai silahkan klik simpan. Buku

Selengkapnya Bapak/Ibu silahkan mengikuti langkah dan sudah saya sertai dengan penjelasan melalui video di bawah ini:
 
 

Jika ada pertanyaan dan permintaan tutorial silahkan tinggalkan komentar. Demikianlah Cara Input Buku di SLIMS 9 Bulian.

Cara Input Buku di SLIMS 9 Bulian Part 2.

Karena banyaknya masukkan dan ada penambahan penjelasan pada input buku paket dan pengaturan penambahan tipe koleksi maka tutorial input buku slims saya buat part 2 nya.


Dalam video saya di atas, ada penjelasan mengenai lampiran berkas dan pembatasan aksesnya, untuk lebih lengkapnya Bapak/ibu bisa melihatnya Panduan Pembatasan Akses Lampiran Berkas SLIMS 9.


Jika ingin mengonlinekan slims sendiri ikuti : Cara Mengonlinekan SLiMS 9 Bulian
 
Jika ingin memasang plugin Flip Book di SLiMS 9 : Cara Instal Plugin Flip Book di SLiMS 9 Bulian
 
 
 
 
Download juga ya aplikasi Library Quiz untuk menguji kemampuan Kamu mengenai Perpustakaan dan Informasi.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ferdiansyah.libraryquiz