Tips Negosiasi Dengan Client di Fiverr

Tips Negoisasi Dengan Client di Fiverr. Pertama saya ucapkan selamat jika Kamu sudah mendapatkan client baru di Fiverr. Sebelumnya Kamu bisa membaca artikel saya tentang : Pengalaman Menjual Desain di Fiverr.

Dalam artikel Pengalaman Menjual Desain di Fiverr Kamu akan melihat pada paragraf terakhir jumlah orderan fiverr yang pernah saya dapatkan. Ada 2 pesanan dari orang yang repeat order di akun saya. 

Ketika menjual jasa di fiverr, Kamu bisa mendapatkan bonus dari pengguna jika hasil yang Kamu kerjakan sangat disukai oleh client atau Kamu memberikan file tambahan dari yang diminta. Dalam artikel ini saya akan membagikan pengalaman negoisasi dengan pengguna dan mendapatkan bonus dari client di fiverr dari 1 client.

  • Orderan pertama

Sebenarnya ini orderan saya yang kedua. Namun ini orderan pertama dari client yang akan saya ceritakan. Saya sudah membuat gig dengan harga 15 Dollar, kalau bersihnya saya hanya mendapatkan 12 dollar dipotong biaya administrasi fiverr sebanyak 3 dollar. 

cliet mengirim pesan di chat.

Client ingin membuat video undangan pernikahan, dengan menuliskan deskripsi tentang:  konsep tema, warna dan lagu. karena ada beberapa kata yang belum saya pahami, akhirnya menerjemahkan bahasanya, . Dia mengirimkan beberapa file yang dibutuhkan.
proses negosiasi dalam fitur chat sebelum client melakukan pesanan melalui sistem

Gambar di atas masih di dalam tahap negosiasi melalui chat, si client belum memesan melalui sistem fiverr, mungkin untuk melihat sample video (karena ada beberapa client yang langsung order ada yang ingin melihat contohnya dahulu). Saya mengirimkan beberapa konsep video yang diminta. Saya bisa saja hanya membuat 1 konsep, namun karena ingin mendapatkan pesanan ini, maka saya membuat alternatif beberapa konsep untuk perbandingan (Konsep video sertakan dengan watermark).

Setelah melihat sample video, client akhirnya setuju dan saya mengirimkan link gig project dan deskripsi harga untuk dilakukan pemesanan.
Proses pengerjaan project setelah dilakukan pemesanan.

Setelah client order melalui sistem, project lanjut saya kerjakan, ini tidak terlalu banyak revisi, hanya 2 kali revisi dan sedikit perubahan pada durasi video. Setelah di setujui pesanan completed, si client memberi saya tip 5 dollar. 

Apakah tip dari client juga dipotong oleh fiverr?. Iya, dengan jumlah tip $ 5, fiverr memotong $ 1, jadi saya mendapatkan 4 dollar.

  • Orderan Kedua

Selah beberapa hari, client mengirim chat kembali untuk membuat video lagi.

client menghubungi kembali

Client menjelaskan tema, warna video dan backsound. Seperti project sebelumnya, saya mengirimkan kembali konsep video seperti yang diminta.
client menanyakan harga

Si client tertarik, namun ketika menanyakan harga, saya minta 25 dollar. Namun client sepertinya merasa keberatan dan mengatakan kalau  "dia tidak suka", di sini saya tidak tahu apakah video undangan tersebut temannya atau dia seorang reseller.

saya mengirimkan kembali dengan harga baru.

Saya tidak mau kehilangan kesempatan, akhirnya mencoba menawarkan kembali, dengan mengatakan :Apakah kamu ingin harga diturunkan?. Ternyata client tertarik dan mengatakan 20 dollar. Tentu saya langsung setuju, dan saya mengirimkan gig project yang harganya sudah saya turunkan (kalau di fiverr namanya custom order).

pengerjaan procjet

Project lanjut dikerjakan setelah diorder melalui sistem. 2 kali revisi, dan project akhir dikirimkan, dan client setuju dan akhirnya mendapatkan bintang 5.

Bonus procjet saya kirimkan.

Orderan selesai, saya mendapatkan 16 dollar, karena dipotong 4 dollar oleh fiverr. Karena sudah repeat order, saya mengirimkan bonus file procjet dalam bentu pdf. Client memesan undangan dalam bentu video, kemudian saya tambahkan bonus undangan dalam bentu pdf agar bisa dalam bentuk udangan cetak. Saya hanya merubah sedikit temlate video dan saya convert ke pdf.

client akhirnya kembali memberikan tip

Ternyata setelah saya mengirimkan bonus file tersebut, client mengirimkan tip 5 dollar, dan akhirnya kalau dihitung-hitung pesanan seperti harga awal. Total yang saya dapatkan bersih adalah 16 dollar + 4 dollar = 20 dollar.

Tips Negosiasi Dengan Client di Fiverr

Dari pengalaman saya di atas, ada beberapa tips negoisasi yang bisa saya rangkum :

1. Kerjakan konsep yang diberikan oleh client, jika kurang jelas, bisa diminta kirimkan kembali.
2. Tidak semua konsep yang diberikan oleh client itu sesuai : pada orderdan pertama di atas, client mengirimkan foto yang kurang jelas, akhirnya saya edit kembali foto-foto tersebut agar kualitasnya lebih bagus. Dan pekerjaan itu saya katakan kepada client " Saya mengedit foto yang Anda berikan lagi agar kualitas foto lebih baik. Jika ada revisi silahkan tinggalkan pesan".
3. Kalau Kamu bisa berikan beberapa konsep, agar client bisa memilih dan melakukan pemesanan.
4. Revisi sesuai permintaan client dan jangan balas/mengirimkan revisi terlalu lama.
5. Jika client mengatakan tidak jadi memesan, tanya kembali apakah harga mau diturunkan.
6. Berikan bonus ke client jika memungkinkan, yang saya lakukan hanya mengubah video menjadi pdf dengan melakukan sedikit editan. 


*artikel ini hanya dokumentasi pengalaman saya dalam blog ini, banyak para desainer pro dan yang lebih ahli dalam fiverr dan lebih banyak penghasilan jadi jangan bandingkan dengan yang lain.