Tahapan Siklus Inkuiri Komunitas Belajar Dalam Sekolah

Tahapan Siklus Inkuiri Komunitas Belajar Dalam Sekolah. Halo sahabat merdeka belajar, sebelumnya terima kasih Anda sudah membaca artikel Pentingnya Komunitas Belajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam artikel ini akan Kami jelaskan Tahapan Proses Inkuiri Komunitas Belajar Dalam Sekolah.

REFLEKSI AWAL

Guru berdiskusi mengenai analisis hasil belajar murid yang bersumber dari beragam data murid pada mapel/kelas tersebut, seperti hasil asesmen, hasil penilaian pembelajaran, atau data lain yang relevan. Berdasarkan hasil diskusi ini, guru melakukan refleksi dan menentukan agenda atau topik prioritas yang ingin mereka diskusikan di komunitas belajarnya. Mereka juga menentukan tujuan dan target belajar yang dikaitkan dengan peningkatan pembelajaran murid.

PERENCANAAN

Pada tahap ini, guru dapat berkolaborasi mengembangkan perencanaan pembelajaran atau mereview perencanaan pembelajaran yang sudah ada sebelum digunakan di kelas masing-masing ataupun di kelas guru model. Empat Pertanyaan Kunci dapat digunakan guru ketika mendiskusikan perencanaan pembelajaran, yaitu 

  1. apakah hal ini yang kita ingin murid capai?; 
  2. bagaimana kita mengetahui bahwa murid sudah mencapai hal tersebut?;
  3. jika murid belum mencapai tujuan pembelajaran apa yang akan kita lakukan?; dan
  4. jika murid sudah mencapai tujuan pembelajaran, pengayaan apa yang harus kita lakukan?. Namun, keempat pertanyaan ini tidak harus digunakan semua pada satu sesi belajar di komunitas.

IMPLEMENTASI

Setelah kolaborasi dalam perencanaan pembelajaran, para guru mempraktikkan perencanaan pembelajaran tadi di kelasnya masing-masing. Saat memfasilitasi pembelajaran murid, guru melakukan asesmen formatif untuk mengetahui perkembangan belajar murid.

Implementasi perencanaan pembelajaran dapat juga dilakukan pada salah satu kelas guru model, guru lainnya melakukan observasi proses pembelajaran di kelas tersebut dengan fokus yang telah disepakati sebelumnya.

EVALUASI

Setelah implementasi pembelajaran di kelas masing-masing atau di kelas guru model, para guru kembali ke komunitas belajar untuk mendiskusikan hasil pembelajaran di kelas. Setiap anggota komunitas belajar melakukan refleksi bersama tentang apa yang sudah berjalan efektif dan apa yang berjalan kurang efektif untuk perbaikan di tahap selanjutnya. Apresiasi dilakukan pada capaian-capaian dan perilaku-perilaku efektif yang sudah dilakukan oleh anggota komunitas.

Semua tahapan siklus ini dilaksanakan dengan mengintegrasikan Tiga Ide Besar yang menggunakan Empat Pertanyaan Kunci. Durasi satu siklus inkuiri disesuaikan dengan kebutuhan para pendidik. Hal yang dibicarakan pada komunitas belajar dalam sekolah adalah pembelajaran murid. Semua kesepakatan pada komunitas belajar mempertimbangkan hal yang terbaik untuk pembelajaran murid.

Adanya rangkaian pengelolaan komunitas belajar dalam sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas PTK  dan meningkatkan kualitas hasil belajar murid