Cara Instal SLiMS 9 Bulian Melalui Softaculous

 Cara Mengonlinekan SLiMS 9 Bulian- Tahukah Kamu SLiMS 9 sudah tersedia di softaculous? Belum tahu apa itu Softaculous, berikut pengertiannya.

Softaculous adalah auto installer yang ada di Hosting dan berfungsi untuk mempermudah instalasi berbagai cms (content management system) serta beragam aplikasi website yang bersifat open source. Aplikasi akan terinstall secara otomatis dan user tidak perlu melakukan instalasi secara manual via konsol.

Jadi kalau Kamu ingin instal slims di Hosting, Kamu tinggal tekan instal, otomatis slims sudah terinstal dan otomatis langsung bisa diakses melalui domain yang sudah tersedia. Mudah sekali bukan? Cukup klik install.

Ya, kali ini Kami Ruang Perpustakaan akan memberikan panduan Instal SLiMS 9 Bulian di salah satu Hosting yaitu Niagahoster.

1. Hosting

2. Domain

3. Tentunya Uang untuk pembayaran sewa hosting dan domain.

Untuk hosting dan domain, dalam tutorial ini Kami membeli di niagahoster.co.id. Total harga untuk sewa hosting dan domain yaitu 467 ribu rupiah.  Berikut rincian harganya : 

Rincian Harga Sewa Hosting

Domain yang Kami gunakan yaitu web.id, jadi persyaratannya yaitu unggah scan KTP. Namun Bapak/Ibu bisa juga menggunakan domain. sch.id, dengan beberapa persyaratan yang diminta oleh pengelola hosting (karena domain tersebut domain untuk pendidikan)

Untuk harga di atas merupakan paket hosting termurah, Paket Bayi dengan beberapa keterbatasan layanan dibanding dengan paket layanan lain.

Rincian Paket Layanan

Untuk  paket hosting seperti yang Kami gunakan, itu sudah cukup untuk perpustakaan sekolah, dan untuk tingkat kunjungan perpustakaanyanya yang lebih tinggi bisa membeli paket lain atau  memilih langsung jasa hosting dan onlinekan slims. Dengan memilih jasa hosting dan onlinkan slims Bapak/Ibu akan mendapatkan dukungan instal, upgrade, back up dan pengembangan seperti pasang plugin, jadi Bapak/Ibu cukup bayar dan tinggal menunggu hasilnya, dan Bapak/Ibu tinggal melaksanakan kegiatan perpustakaan lainnya dan tidak perlu memikirkan slims yang online tersebut karena sudah dikelola oleh ahlinya.

Namun jika Bapak/Ibu tertarik dengan hosting yang Kami coba di atas bisa tinggalkan komentar dan bisa Bapak/Ibu bantu.

Berikut Cara Mengonlinekan SLiMS 9 Bulian di Hosting


Q & A :
Q: Lalu bagaimana jika slims saya sudah ada yang offline, jadi ingin mengonlinekan data di slims offline tersebut?

A : Bisa, silahkan eksport data sqlnya nanti import ke slims online (Tapi dengan syarat slims yang offline dan yang online dengan versi yang sama. Jika berbeda, misalnya slims online lebih baru, upgrade dulu slims yang offline sesuai versi slims yang online lalu silahkan import sqlnya) Atau buat databasenya di slims online, import data sqlnya ke dalam database, lalu ketika instal slims slims online, pilih upgrade dari slims sebelumnya.


Jika ada kendala dan pertanyaan, silahkan tinggalkan komenta di sini atau di video  di atas.